Minggu, 06 November 2016

Rencana bisnis sederhana dengan menggunakan bahan di bawah ini (bohlam bekas)! Cukup pada rencana merek, konsep ide, operasional dan pemasaran. (Nilai penuh untuk yang berpikir kreatif / unik)



Merek : LampPot

"Lamp Pot " merupakan merk sebuah pot untuk tanaman air merambat yang biasa digantung di teras rumah. Memberi nama Lamp Pot dikarenakan pot ini terbuat dari Bohlam bekas, dan setiap perkembangan pohon merambat dapat dilihat karena body pot yang transparant dan sinar matahari menjadi mudah masuk kedalamnya. Logo akan dibuatkan dalam bentuk bohlam  yang berisi tanaman yang sedang di sinari matahari.

Konsep Ide :
Ide didapat dari bohlam bekas yang sudah tidak terpakai. Bohlam tersebut pada bagian atas setiap sisi akan dibuat pengait utuk menggantung bohlam tersebut dan pada bagian atas tengah akan dibuat lubang untuk tempat masuk tanaman dan menyiram tanaman yang akan ditanam. Pengaitnya akan diatruh disekeliling bolam dan berbentuk seperti laba-laba, Bohlam tidak akan di cat, dibiarkan transparant untuk melihat perkembangan tanaman dan agar mudahnya cahaya matahari masuk ke tanaman tersebut. Tanaman yang cocok adalah tanaman air yg merambat seperti kacang hijau/ Toge. Pada saat pohon sudah tumbuh akan mengelilingi bohlam tersebut.

Operasional :

Modal :

1. Bohlam Bekas : Rp. 150.000 (untuk pembelian bohlam bekas sebanyak 50 buah)
2. Kawat pengait : Rp. 250.000 (untuk pembelian 50 M kawat yang masing- masing bohlam memmerlukan                                10 meter sebagai pengait
3. Bor pembolong kaca : Rp. 100.000 (fix aset)
4. Pemotong kaca : Rp 100.000 (fix Aset)
5. Cat : Rp. 50.000
6. Sticker Logo : 50.000 (Biaya Cetak stiker berbentuk bulat berdiameter 3cm sebayak 5 lusin)


Produksi :

Menggunakan kreatifitas dan ketelitian

Cara pertama Bohlam bekas dibersihkan terlebih dahulu, Tumpuan paling atas dicabut. lalu bohlam bagian atas dipotong agar diameter lebih lebar dan kira kira cukup untuk tempat menanam. Setelah itu di bagian keliling sisinya dibor menjadi 4 bolongan untuk tempat pengait bohlam. setelah semua terpasang bohlam siap untuk dijual.agar lebih menarik kawat akan di cat dengan bergai warna.

Segmentasi, Targeting, dan Positioning
Target semua kalangan, yang paling diutamakan ibu-ibu ataupun para pribadi yang suka dengan tanaman.

Promosi :

Promosi akan dilakukan dengan memajang produk dirumah owner, Social Media melalui akun instagram, twitter dan Agen agen e-commerce seperti Toko Pedia, Shoppe , dan Lazada.

Pemasaran :
Pertama tama akan dipasarkan dikalangan ibu -ibu kompleks dan diperkenalkan dalam seminar-seminar Climate Change  untuk mengajak parakhalangan dalam menanam pohon dan cinta lingkungan karena pot yang mereka gunakan berasal dari daur ulang yg dapat menghemat energi.Akan dipromosikan pada  Youth Climate Change yang terdiri dari anak- anak SD, SMP , SMA agar semasa kecil diperkenalkan menanam tanaman dari tanaman yang mudah.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar