Minggu, 06 November 2016

Motivasi yang dibutuhkan untuk menjadi wirausahawan dan mindset wirausahawan (entrepreneur) terbentuk, bagaimana cara membangun mindset wirausahawan tersebut pada diri kita ?



Ingin mencoba
Menjadi wirausahaan harus mempunyai keinginan untuk mencoba hal baru dan dan berani untuk memulai hal baru. Harus ada niat ingin mencoba dan constant. Selalu ingin mencoba, tidak takut gagal bila baru memulai namun tidak mendapatkan keuntungan. Cara membangunnya masing-masing pribadi harus memiliki motivasi dalam diri sendiri.

Berani ( Tidak malu –malu)
Pada saat memulai usaha, seseorang seringkali tidak mememulai usaha mereka karena malu untuk memperkenalkan produk ataupun malu bahwa mereka berjualan dihadapan orang lain (gengsi)  Sifat malu adalah faktor yang sangat menghambat untuk menjadi wirausaha. Cara membangun moivasi agar tidak malu, kita harus percaya diri dan membayangkan hasil yang kita capai apabila kita memulainya.

Tekat/ Keinginan 
Harus memiliki tekat/ keinginan yang kuat. Terkadang harus menutupkan telinga kepada orang –orang yang meragukan usaha kita. Keinginan yang fokus dan kuat dapat menghasilkan proses yang membuahkan ketekunan. Ketekunan itu dapat membuahkan hasil dan membonuskan keberhasilan dari hasil usaha yang kita jalani.

Tekun 
Ketekunan salah satu kunci utama agar menjadi wirausaha sukses. harus tekun dalam bidang yang digeluti. Me - manage waktu yang ada, dan tidak memberi kesempatan untuk tolerir atau memberi kesempatan melakukan kegiatan yang membuat ketekunan longgar. Ketekunan harus disertai dengan niat yang kuat.

Belajar/ Membuka wawasan
seorang yang ingin sukses tidak akan terlepas dari belajar. Seorang wirausahawan yang sukses harus memiliki banyak wawasan tentang bidang yang digelutinya. banyak bertanya kepada orang-orang yang lebih berhasil dan tidak malu untuk bertanya bila tidak mengerti ataupun kepada yang lebih muda (namun sudah banyak pengalaman)

Tidak Takut Gagal
Hal yang sering membuat orang tidak jadi berwirausaha karena sudah Takut gagal di depan atau mendapatkan kegagalan pada saat memulai usaha. Kegagalan merupakan pembelajaran bagi kita untuk meulai keberhasilan , namun bagi orang – orang yang bermental rendah bila mengalami kegagalan pasti akan menjadikan kegagalan itu sebagai “iming-iming” untuk memulai hal yang baru.

Fokus
Fokus merupakan hal penting untung memulai suatu usaha. Fokus akan apa yang ingin dibuat merupakan kunci untuk dapat memulai.Jangan tergoyahkan melihat hasil usaha orang lain yang berbeda bidang lebih sukses dan membuat seorang usahawan merubah usaha. Fokus kerjakan yang terbaik untuk usaha dan ciptakan ide baru untuk menarik pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar